Inilah Fitur Rahasia Google Maps Yang Jarang di Ketahui Orang

Inilah Fitur Rahasia Google Maps Yang Jarang di Ketahui Orang - Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum. Google Maps dimulai sebagai program desktop C++, dirancang oleh Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen pada Where 2 Technologies. Pada Oktober 2004, perusahaan ini diakuisisi oleh Google, yang diubah menjadi sebuah aplikasi web. Setelah akuisisi tambahan dari perusahaan visualisasi data geospasial dan analisis lalu lintas, Google Maps diluncurkan pada Februari 2005. Layanan ini menggunakan JavaScript, XML, dan AJAX. Google Maps menawarkan API yang memungkinkan peta untuk dimasukkan pada situs web pihak ketiga, dan menawarkan penunjuk lokasi untuk bisnis perkotaan dan organisasi lainnya di berbagai negara di seluruh dunia. Google Map Maker memungkinkan pengguna untuk bersama-sama mengembangkan dan memperbarui pemetaan layanan di seluruh dunia.

Fitur Rahasia Google Maps
  1. Buat dan bagikan daftar tempat favorit Kamu. Simpan semua restoran, bar, butik, dan tempat favorit Kamu di lokasi yang berbeda, dengan menggunakan fitur 'daftar' terbaru. Misalnya, bagikan daftar 'Sushi terbaik di Jakarta' atau 'Restoran paling romantis' dengan teman Kamu dan mereka akan dapat menemukan petunjuk arah ke tempat yang Kamu sarankan dengan mudah.
  2. Atur lokasi penjemputan dengan tepat melalui aplikasi. Bepergian semakin mudah dengan update terbaru. Google Maps kini terintegrasi dengan layanan ride-sharing Uber, yang membuat Kamu dapat memesan tumpangan tanpa harus keluar dari Google Maps.
  3. Dapatkan informasi jadwal transit bus secara real-time. Merencanakan perjalanan Kamu menjadi lebih mudah karena Kamu tahu persis kapan bus Kamu akan tiba saat memeriksa rute yang akan ditempuh.
  4. Dapatkan informasi real-time tentang keramaian tempat di Search & Maps. Google tahu bahwa tidak semua orang suka dengan keramaian. Jadi, Kamu dapat melihat di Google Maps untuk mengetahui jam paling ramai agar tidak berdesak-desakan saat jam sibuk. Ini berguna ketika misalnya, Kamu ingin tahu kapan restoran favorit Kamu tidak ramai sehingga Kamu tak perlu lama mengantre.
  5. Ketersediaan pencarian secara offline. Bagi Kamu yang sering bepergian, di Google Maps kita bisa menyimpan peta dan mengaksesnya secara offline. Asyiknya lagi, kita juga bisa mencari berbagai tempat secara offline dari restoran ke bar. Jadi tak perlu khawatir boros internet.
  6. Peta dalam ruangan. Dengan lebih dari 60 tempat di Indonesia yang sudah dipetakan, Kamu akan terbantu dengan fitur ini, terutama jika kebingungan mencari jalan di ruangan luas seperti mall. Beberapa gedung di Indonesia yang sudah diaktifkan dengan Indoor Maps antara lain Bandara Udara Internasional Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town, dan Museum Nasional Indonesia.
  7. Daftar tempat makan dan minum yang dikurasi. Bingung mencari menu untuk makan malam? Google Maps bisa membantu menawarkan daftar rekomendasi tempat makan di bawah tab 'tempat'. Temukan rekomendasi untuk 'makan murah' atau 'kafe terbaik', bahkan tempat sehari-hari seperti ATM dan pom bensin di sekitar Kamu atau di lokasi lainnya dengan sekali tap. Untuk fungsi ini, hanya tersedia di Google Maps untuk Android.
  8. Hacks Khusus Android. Sejumlah fungsi ada yang dibuat lebih ringkas untuk pengguna Android. Di Google Maps untuk Android, pengguna akan mendapatkan informasi sehari-hari yang ditampilkan di ponsel. Geser ke atas, dan Kamu akan melihat tiga tab yang akan membantu Kamu untuk menemukan restoran terdekat, melalui kondisi lalu lintas, atau naik bus berikutnya.[gmb]